Blog Archive

Tuesday, January 5, 2010

Keputusan Pembelian dari Para Konsumen di ***** Computer Shop

***** Computer shop,toko komputer yang terletak di daerah sekitar pamulang ini,memang ramai di kunjungi oleh para pembeli dari berbagai tempat,banyak pendapat-pendapat positif tentang toko ini,tapi tidak sedikit juga yang memiliki pendapat negatif.Toko ini berdiri sudah cukup lama setahu saya,karena sejak saya duduk di bangku sekolah dasar,toko ini sudah ada.Barang yang di jual di toko ini sudah sangat bervariasi,segalanya berhubungan dengan komputerisasi,dari hardware,gadget,multi media,dll.Selain itu toko ini juga menyediakan jasa service komputer,serta tukar tambah part komputer maupun satu set komputer.Hmm.. cukup menarik bukan barang dan jasa yang di tawarkan toko ini.Namun pernakah anda berpikir kenapa para konsumen memilih untuk membeli di toko tersebut,padahal terdapat toko yang menjual barang dan jasa yang sama yang letaknya dekat dengan toko itu.Setelah saya selidiki,saya mendapatkan beberapa faktor penyebab yang menentukan keputusan untuk membeli atau tidak di toko tersebut.

1.Barang yang ditawarkan
Tentu hal ini adalah hal yang pertama yang harus diperhatikan,dari penelitian saya barang yang di jual merupakan barang yang bervariasi kelasnya,jadi dari yang termurah sampai termahal ada di sana,lalu apa yang menjadi kelebihan yang membuat konsumen memutuskan untuk membeli di toko ini? ternyata di toko ini kita dapat memesan barang yang tidak ada di stock toko ini,jadi kita bisa membeli barang sesuai dengan spesifikasi yang kita inginkan,berbeda dengan toko pesaingnya yang hanya menjual barang yang ada di stock.Selain itu,pembelian dapat dilakukan dengan tukar tambah,berbeda dengan toko pesaing yang tidak menyediakan sistem ini.Saya tidak menemukan konsumen yang membatalkan pembeliannya dikarenakan faktor yang pertama ini.Dengan kata lain faktor yang pertama ini adalah keunggulan dari toko ini.

2.Jasa yang di tawarkan
Jasa yang ditawarkan adalah service komputer,dari hardware hingga part-part komputer,setelah saya selidiki,ternyata ada beberapa konsumen yang membatalkan niat untuk menggunakan jasa di toko ini,alasannya adalah tidak jelasnya waktu yang di butuhkan untuk perbaikan part komputer mereka,penjual hanya memberikan perkiraan waktu,tanpa kejelasan apakah pekerjaan itu selesai atau tidak,jadi terkadang konsumen datang seminggu kemudian seperti yang di katakan oleh penjual,namun ternyata partnya belum diperbaiki dengan alasan banyak part konsumen lain yang sedang dikerjakan juga,akhirnya konsumen ini memutuskan untuk menarik barangnya kembali.Selain itu ada konsumen yang tidak senang dengan cara toko ini menyimpan part komputer para konsumen.Part-part komputer yang akan di service,ditaruh di dalam rak yang memang sedikit kotor dengan tanpa pelindung,para konsumen yang tidak menyukai ini,biasanya langsung meniggalkan toko.

3.Kenyamanan
Kenyamanan meliputi pelayanan,kondisi ruangan,dan hal-hal yang berkaitan dengan letak geografis toko.Dari letak geografis,saya tidak menemukan konsumen yang mengeluh,karena memang menurut saya tempatnya strategis,yaitu di pinggir perempatan jalan.Dari kondisi ruangan,meskipun tidak ada ruang tunggu,konsumen tetap asik melakukan transaksi dengan berdiri.Keluhan justru saya dapatkan di pelayanan,ada konsumen yang kesal dan pergi keluar toko karena merasa di acuh kan,memang penjual di toko ini sangat sibuk,jadi terkadang terlihat cuek,namun bagi beberapa konsumen hal itu biasa saja dan tidak mempengaruhi niat membeli mereka,tapi lain halnya dengan konsumen yang satu ini,dia berpendapat bahwa harusnya toko itu tetap bersifat ramah meskipun sibuk.Karena hal ini,konsumen itu memutuskan untuk mencari toko lain.

4.Harga
Faktor yang keempat ini menyebabkan banyak variasi keputusan,karena penilaian tentang harga itu relatif,tergantung dari kemampuan financial.Sekedar informasi,toko ini menjual produknya dengan harga tidak jauh beda dengan harga yang kita lihat di situs-situs penjualan part komputer online.Jadi tentunya ada yang tetap membeli,ada juga yang memutuskan untuk tidak membeli,keduanya memiliki alasan yang sama yaitu harga.

Itulah beberapa faktor yang saya temukan yang mempengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan trnsaksi di toko ***** computer shop.Sekedar informasi,saya menggunkan tanda ***** agar tidak menyinggung pihak-pihak tertentu,maklum zaman sekarang salah ngomong sedikit,bisa masuk penjara,kalau saya asal tulis,nanti bisa kaya prita atau luna maya..he..he..

Sekian dari saya

Thx

No comments:

Post a Comment